Analisis Kecelakaan Nuklir Reaktor Three Mile Island dengan Aplikasi PCTRAN 2LOOP PWR Simulator dan Skenario Meminimalisir Dampaknya

Nurma'rifah, Wuri and Mahmudah, Rida Siti Nuraini (2019) Analisis Kecelakaan Nuklir Reaktor Three Mile Island dengan Aplikasi PCTRAN 2LOOP PWR Simulator dan Skenario Meminimalisir Dampaknya. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Alhamdulillah selesai.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk melakukan simulasi kecelakaan reaktor nuklir Three Mile Island yang terjadi pada tanggal 28 Maret 1979 dengan menggunakan aplikasi PCTRAN 2LOOP PWR. Simulasi ini disertai dengan perbandingan hasil simulasi berdasarkan literatur dan penanganan sekaligus pencegahan kecelakaan agar dampak yang diakibatkan dari kecelakaan tidak begitu besar. Metode dari penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data sekuens dari kecelakaan, lalu berdasarkan data tersebut disimulasikan dengan menggunakan aplikasi PCTRAN 2LOOP PWR. Setelah proses simulasi selesai, dilakukan proses perbandingan hasil antara simulasi dengan PCTRAN 2LOOP PWR dengan literatur. Saat hasil perbandingan tersebut sesuai, dilakukan analisa penanganan kecelakaan yang dapat dilakukan di aplikasi tersebut. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan perangkat keras laptop dan perangkat lunak PCTRAN 2LOOP PWR untuk proses simulasi, Ms. Off. Excell untuk penyimpanan data simulasi dan Ms. Off. Word untuk penulisan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, simulasi dapat dilakukan dan penanganan kecelakaan dilakukan dengan prinsip Pertahanan Berlapis yang dibagi menjadi dua sistem yaitu penanganan kecelakaan dengan menggunakan sistem Emergency Core Cooling System atau ECCS dan pencegahan yang menggunakan hukum Boyle, Charles dan Gay Lussac. Prinsip-prinsip tersebut diterjemahkan kedalam aplikasi dengan melakukan pengaktifan saluran pompa HPI 100% dan 50%, dan pembesaran ukuran volume RCS menjadi 220m3 berdasarkan hasil studi parameter. Penelitian ini masih harus dikembangkan terutama dalam masalah penanganan kecelakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan nuklir Three Mile Island, Penanganan dan Pencegahan kecelakaan, PCTRAN 2LOOP PWR
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:31
Last Modified: 20 Aug 2019 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65349

Actions (login required)

View Item View Item