PENGARUH KUPON OBLIGASI, RATING, DAN MATURITAS TERHADAP HARGA OBLIGASI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Asyaf, Shafira Nimas Mahardian (2019) PENGARUH KUPON OBLIGASI, RATING, DAN MATURITAS TERHADAP HARGA OBLIGASI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
ShafiraNimasMahardianAsyaf_15808141054.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kupon Obligasi, Rating, dan Maturitas terhadap Harga Obligasi Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data cross section dengan periode pengamatan tahun 2017 pada sektor Infrastruktur, Utilitas & Transportasi serta sektor Properti, Real Estate, & Konstruksi Bangunan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indonesian Bond Pricing Agency (IBPA) tahun 2017. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 30 seri obligasi pada sektor Properti, Real Estate, & Konstruksi Bangunan serta 30 seri obligasi pada sektor Infrastruktur, Utilitas & Transportasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial Kupon Obligasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Obligasi, Rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Obligasi, dan Maturitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Obligasi. Hasil uji Anova menunjukkan bahwa nilai signifikansi F hitung sebesar 0,000. Hasil tersebut memenuhi ketentuan model goodness of fit. Nilai Adjusted R-Square sebesar 0,785 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 78,5% dan sisanya 21,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kupon Obligasi, Rating, Maturitas, dan Harga Obligasi
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:13
Last Modified: 20 Aug 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65342

Actions (login required)

View Item View Item