PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KEARSIPAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Maulinawati, Siska Cahya (2018) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KEARSIPAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
17. SKRIPSI_Siska Cahya Maulinawati_13802241035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara; (2) media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara; (3) metode mengajar dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian telah diuji coba pada siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan jumlah responden 37 siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan jumlah responden 68 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil peneltian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara sebesar 13,4%; (2) terdapat pengaruh yang siginifikan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara sebesar 252%; (3) terdapat pengaruh yang siginfikan metode mengajar guru dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara sebesar 25,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:22
Last Modified: 20 Aug 2019 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65329

Actions (login required)

View Item View Item