Dharmawan, Angga Bagus Dharmawan (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SELF DISCLOSURE SISWA MAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Angga Bagus Dharmawan_13104241025.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing terhadap self disclosure siswa kelas XI di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi exsperimental dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas pembanding atau kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan hasil undian sehingga diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala. Instrumen yang digunakan adalah skala keterbukaan diri. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test melalui aplikasi SPSS for Windows 21.0 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Hasil pengujian pelitian menggunakan independent sample t test menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.000 < 0.05 dan hasil pretest maupun posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata dari 94,4 menjadi 116,2 yang dapat dikatakan bahwa teknik role playing efektif terhadap self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Kata kunci: teknik role playing, self disclosure
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:34 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65323 |
Actions (login required)
View Item |