EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SELF DISCLOSURE SISWA MAN 1 YOGYAKARTA

Dharmawan, Angga Bagus Dharmawan (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SELF DISCLOSURE SISWA MAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Angga Bagus Dharmawan_13104241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing terhadap self disclosure siswa kelas XI di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi exsperimental dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas pembanding atau kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan hasil undian sehingga diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala. Instrumen yang digunakan adalah skala keterbukaan diri. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test melalui aplikasi SPSS for Windows 21.0 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Hasil pengujian pelitian menggunakan independent sample t test menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.000 < 0.05 dan hasil pretest maupun posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata dari 94,4 menjadi 116,2 yang dapat dikatakan bahwa teknik role playing efektif terhadap self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Kata kunci: teknik role playing, self disclosure

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:34
Last Modified: 20 Aug 2019 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65323

Actions (login required)

View Item View Item