PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT ADITYA SATA PARAJAYA

Sari, Tika Antya (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT ADITYA SATA PARAJAYA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TikaAntyaSari_15808141030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Aditya Sata Parajaya, (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Aditya Sata Parajaya, dan (3) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Aditya Sata Parjaya Penelitian ini merupakan penelitian asositif kausal. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan produksi PT. Aditya Sata Parajaya sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji coba dan diuji dengan Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas dimana hasil adalah valid dan reliabel sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimipinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai β sebesar 0,672 dan p=0,000. Kontribusi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja (∆R2 ) sebesar 42,3%.; (2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai β sebesar 0,509 dan p=0,000. Kontribusi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja ( ∆R2 ) sebesar 23%.; (3) Gaya kepemimpinan transformasional dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan dengan kepuasan kerja. Gaya kepemimpinan transformasional dengan nilai β sebesar 0,563 dan p=0,000, kemudian kecerdasan emosional dengan nilai β sebesar 0,272 dan p=0,003 terhadap kepuasan kerja karyawan. Kontribusi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja ( ∆R2 ) sebesar 47,6%, sedangkan sisanya sebanyak 52,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:25
Last Modified: 20 Aug 2019 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65321

Actions (login required)

View Item View Item