PERAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Andriani, Linda (2018) PERAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
16. SKRIPSI_LINDA ANDRIANI_13802241059.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran laboratorium administrasi perkantoran sebagai sumber belajar pada mata pelajaran produktif kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Borobudur yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran laboratorium administrasi perkantoran sebagai sumber belajar pada mata pelajaran produktif kompetensi keahlian administrasi perkantoran: 1) laboratorium memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata dalam kategori kurang berperan dengan presentase 50% (17 siswa), laboratorium menyajikan suasana dunia kerja dalam kategori kurang berperan dengan presentase 67,65% (23 siswa), laboratorium memperluas pengetahuan siswa dalam kategori kurang berperan dengan presentase 55,89% (19 siswa), laboratorium memberikan informasi yang akurat dalam kategori kurang berperan dengan presentase 52,95% (18 siswa), laboratorium membantu memecahkan masalah siswa dalam kategori kurang berperan dengan presentase 55,88% (19 siswa), laboratorium memberikan motivasi belajar siswa dalam kategori berperan dengan presentase 47,08% (16 siswa), dan laboratorium mendorong siswa berkembang lebih baik dalam kategori tidak berperan dengan presentase 58,82% (20 siswa). Secara keseluruhan jawaban tertinggi responden tentang peran laboratorium administrasi perkantoran sebagai sumber belajar pada mata pelajaran produktif dengan kecenderungan jawaban 22 siswa dengan presentase 64,70% masuk dalam kategori kurang berperan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Laboratorium, Sumber Belajar, Produktif
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:26
Last Modified: 20 Aug 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65320

Actions (login required)

View Item View Item