PENGARUH TEKNIK ART THERAPY TERHADAP PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL

Nurbaiti, Anifa Tuzzuhroh Nurbaiti (2019) PENGARUH TEKNIK ART THERAPY TERHADAP PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
14104241019_ANIFA TN_SKRIPSIPENGARUHARTTHERAPY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi pengelolaan emosi marah yang kurang baik di SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik art therapy terhadap pengelolaan emosi marah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bantul sejumlah 6 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu tahap pra-eksperimen, eksperimen, dan pasca eskperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala pengelolaan emosi marah. Teknik analilis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan emosi marah pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bantul mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan teknik art therapy. Hasil ini ditunjukkan dengan analisis data deskriptif, siswa mengalami kenaikan skor pengelolaan emosi marah sebanyak 16,84 poin setelah pemberian treatment. Skor rata-rata sebelum dan sesudah pemberian treatment dari 55,16 menjadi 72 yang dapat dikatakan bahwa teknik art therapy berpengaruh dalam mengatasi masalah pengelolaan emosi marah. Kata Kunci: teknik art therapy, pengelolaan emosi marah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:31
Last Modified: 20 Aug 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65317

Actions (login required)

View Item View Item