Satiti, Asri and Wiyatmo, Yusman (2019) ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) DILIHAT DARI ASPEK KEGIATAN LABORATORIUM. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
Skripsi _Asri Satiti_12302241008.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesesuaian buku teks fisika SMA kelas XI Kurikulum 2013 berdasarkan kriteria-kriteria yang merujuk pada STRS khususnya pada aspek kegiatan laboratorium (2) mendeskripsikan kualitas buku teks fisika SMA kelas XI Kurikulum 2013 berdasarkan kriteria-kriteria yang merujuk pada STRS khususnya pada aspek kegiatan laboratorium. Desain penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) secara kuantitatif dengan pendekatan evaluatif berupaya melakukan deskripsi yang bersifat komparatif yaitu dengan melakukan judgement terhadap buku meliputi aspek yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran fisika SMA kelas XI meliputi tiga buku teks. Instrumen yang digunakan merujuk pada STRS karya Collete & Chiapetta yang telah dimodifikasi oleh Septiana Karumaningrum yang telah divalidasikan kepada expert judgement dosen. Analisis data untuk mengetahui perbedaan kualitas menggunakan uji chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku 1 karya A memiliki tingkat kesesuaian 78 %, buku 2 karya B memiliki tingkat kesesuaian 94%, sedangkan buku 3 karya C memiliki tingkat kesesuaian 96%. (2) buku 1 karya A memiliki kualitas baik, buku 2 karya B dan buku 3 karya C memiliki kualitas sangat baik. Kata Kunci: analisis, buku teks, STRS, kegiatan laboratorium
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, buku teks, STRS, kegiatan laboratorium |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 02:45 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 02:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65289 |
Actions (login required)
View Item |