HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA ANAK DI TK KELOMPOK B GUGUS PAUD SIDO LUHUR KECAMATAN IMOGIRI

Mustafida, Mustafida (2019) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA ANAK DI TK KELOMPOK B GUGUS PAUD SIDO LUHUR KECAMATAN IMOGIRI. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Mustafida_15111241023_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan kepedulian lingkungan pada anak di TK Kelompok B Gugus Paud sido luhur Kecamatan Imogiri. Alasan mengambil penelitian ini karena anak jaman sekarang yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang melibatkan subyek sebanyak 89 siswa dan 89 orang tua yaitu dari 4 TK di Gugus Sido Luhur Kecamata Imogiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel pola asuh demokratis, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur variabel kepedulian lingkungan pada anak Hasil dari validitas dan reliabilitas dari angket pola asuh demokratis adalah 17 soal yang valid sedangkan hasil reliabilitas adalah 0,765. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment (r) dari Spearman dengan bantuan program SPSS v.20 for Windows untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan kepedulian lingkungan pada anak di TK Kelompok B Gugus Sido Luhur Kecamatan Imogiri. Tingkat pola asuh demokratis dan kepedulian lingkungan di TK Kelompok B Gugus paud Sido Luhur Kecamatan Imogiri dalam kategori sangat tinggi, sebanyak 85,88% atau 73 dari 85 orang tua untuk pola asuh demokratis dan 46,12% atau 46 dari 85 anak untuk kepedulian lingkungan. Hasil uji korelasi terdapat nilai signifikansi sebesar 0,049 dengan rhitung adalah 0,214. Nilai signifikansi 0.049 < 0.05 sehingga dapat diartikan bahwa data tersebut ada hubungan yang signifikan. Kata kunci: pola asuh demokratis, kepedulian lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:59
Last Modified: 14 Aug 2019 09:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65267

Actions (login required)

View Item View Item