PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITHOH BINA PUTRA 2 YANG SERING DAN TIDAKSERING MENDENGARKAN BUKU CERITA

Aldona, Viveronika (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITHOH BINA PUTRA 2 YANG SERING DAN TIDAKSERING MENDENGARKAN BUKU CERITA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
PDF SKRIPSI ALDONA VIVERONIKA 15111244016 PG PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca permulaan anak Kelompok Bdi TK Masyithoh Bina Putra 2, dan (2) perbedaan kemampuan membaca permulaan anak yang sering dan tidak sering atau jarang mendengarkan buku cerita pada anak kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2 yang berjumlah 68 anak dan orangtua. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, berdasarkan kriteria didapatkan 37 anak dalam kategori sering mendengarkan buku cerita dan 31 anak jarang/tidak mendengarkan buku cerita. Instrumen yang digunakan untuk orangtuayaitu kuisioner, sedangkan instrumen kemampuan membaca anak menggunakan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji-t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2, yaitu: anak yang sering mendengarkan buku cerita berada pada kategori“Berkembang Sangat Baik (BSB)”, sedangkan anak yang tidak atau jarang mendengarkan buku cerita berada pada kategori“Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan anak yang sering dan tidak sering mendengarkan cerita pada anak kelompok B di TK Masyithoh Bina Putra 2, dengan nilai signifikansi (α) 0,000 < 0,05. Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, cerita, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:43
Last Modified: 14 Aug 2019 09:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65263

Actions (login required)

View Item View Item