PENGGUNAAN BAHASA JAWA NGOKO DALAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Devi, Silviana (2019) PENGGUNAAN BAHASA JAWA NGOKO DALAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
1. SKRIPSI_DEVI SILVIANA_15111241002_PG PAUD UNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan campur kode bahasa Jawa ngoko dalam pembelajaran untuk anak usia 5-6 tahun di TK se-Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek 64 orang yang terdiri dari 60 orang anak dan 4 guru kelas. Teknik pengambilan data berupa kuesioner dan observasi berdasarkan intrumen yang telah diuji validitasnya berdasarkan pendapat ahli (judgment experts), yaitu ahli bahasa. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner yang diajukan kepada guru kelas dan observasi dilakukan pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian mengenai penggunaan campur kode bahasa Jawa ngoko dalam pembelajaran di TK ABA Miliran menunjukan presentase sebanyak 53,32%, di TK Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 48,54%, di TK Parmadisiwi Gambiran sebanyak 46,61%, dan di TK Negeri Pembina Yogyakarta sebanyak 55,14%. Hasil analisis data secara keseluruhan sebanyak 50,90% dengan predikat cukup baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa Jawa ngoko dalam pembelajaran untuk anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Umbulharjo mendapatkan predikat cukup baik. Kata kunci: campur kode, bahasa Jawa ngoko, pembelajaran, taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:30
Last Modified: 14 Aug 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65261

Actions (login required)

View Item View Item