HUBUNGAN INTERAKSI IBU DAN ANAK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS VII KECAMATAN SEWON

Natasha Tamala, Artha (2019) HUBUNGAN INTERAKSI IBU DAN ANAK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS VII KECAMATAN SEWON. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_Natasha_15111241021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi ibu dan anak dengan perilaku sopan santun anak kelompok B di TK Gugus VII Kecamatan Sewon. Alasan melakukan penelitian ini karena masih terdapat anak yang kurang maksimal dalam berperilaku sopan santun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni 114 ibu dan 114 anak, dengan ukuran sampel 89 ibu dan 89 anak, yang diambil dengan teknik proportionate random sampling yang melibatkan subjek sebanyak 89 ibu dan 89 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan observasi. Kuesioner digunakan untuk mengukur variabel interaksi ibu dan anak, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur variabel perilaku sopan santun. Penelitian diawali dengan validitas instrumen dengan menggunakan expert judgement dan eksternal, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas untuk interaksi ibu dan anak diperoleh 23 penyataan yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,857. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS v.20 for Windows untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil: (1) Tingkat interaksi ibu dan anak kelompok B di TK Gugus VII Kecamatan Sewon tergolong sedang. Sebanyak 58 ibu dari 89 ibu atau sebesar 65,10 % ibu masuk pada kategori sedang. (2) Tingkat perilaku sopan santun anak kelompok B di TK Gugus VII Kecamatan Sewon tergolong sedang. Sebanyak 56 anak dari 89 anak atau sebesar 62,90 % anak masuk pada kategori sedang. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi ibu dan anak dengan perilaku sopan santun anak kelompok B di TK Gugus VII Kecamatan Sewon. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,456 dan p= (p<0,05). Kata kunci: interaksi, santun, anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:25
Last Modified: 14 Aug 2019 09:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65260

Actions (login required)

View Item View Item