PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 PEDES

Nugraheni, Lestiani Berti (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 PEDES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Lestiani Berti Nugraheni_07105241004.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes yang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SD kelas IV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development ) . Responden penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes. Responden dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari 6 orang siswa uji coba individu, 14 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan 20 orang siswa uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan data adalah lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, lembar observasi dan kuesioner untuk siswa SD. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji lapangan, dan diseminasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dari aspek pembelajaran termasuk dalam kategori layak (rerata 4,06 ), dan hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan dan aspek pemrograman termasuk dalam kategori sangat layak (rerata 4,78 ). Hasil uji coba lapangan terhadap aspek kualitas tampilan pada stimulan pembelajaran dan aspek penyajian materi jumlah skor 1224 (rerata 4,37 ) termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa: ( 1 ) produk pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes ditinjau dari aspek kualitas tampilan pada stimulan pembelajaran efektif untuk digunakan karena dilihat dari segi tampilan program layak digunakan. (2 ) pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes ditinjau dari aspek penyajian materi layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 04 Oct 2012 07:48
Last Modified: 29 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6526

Actions (login required)

View Item View Item