PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA

Nur, Chosiyah (2019) PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Nur Chosiyah_15111244011_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku disiplin anak dalam kegiatan rutin di sekolah ditinjau dari pola asuh orangtua di TK Dharma Bakti IV Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian anak usia 4-6 tahun yang berjumlah 48 anak beserta orangtuanya. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Bakti IV Ngebel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi. Hasil validitas instrumen diperoleh 30 butir yang valid dari total 65 butir, reliabilitas instrumen menunjukkan angka 0,726 sehingga dapat dikatakan bahwa instrumen reliabel. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang diasuh dengan pola asuh otoriter menunjukkan perilaku disiplin yang sangat tinggi, anak yang diasuh dengan pola asuh permisif menunjukkan perilaku disiplin tinggi dan anak yang diasuh dengan pola asuh demokraris menunjukkan perilaku disiplin tinggi. Selain pola asuh terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi disiplin diantaranya yaitu keadaan psikologis anak, kompetensi guru, dan lingkungan. Kata kunci: perilaku disiplin, anak usia 4-6 tahun, pola asuh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:22
Last Modified: 14 Aug 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65259

Actions (login required)

View Item View Item