PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER ANGKLUNG PADA KELOMPOK B TKIT AL FARABI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Ulfiani, Murputriawati (2019) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER ANGKLUNG PADA KELOMPOK B TKIT AL FARABI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
ULFIANIMURPUTRIAWATI_TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler angklung anak usia dini, tujuan kedua untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung penerapan pendidikan karakter anak usia dini dalam ekstrakurikuler angklung kelompok B TKIT Al Farabi Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru, pelatih ekstrakurikuler angklung, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian meliputi: 1) Penerapan pendidikan karakter anak usia dini dalam ekstrakurikuler angklung sudah dilakukan di kelompok B TKIT Al Farabi Kasihan Bantul Yogyakarta. Dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam ekstrakurikuler angklung di TK ada 8 nilai pendidikan karakter yaitu, nilai kecintaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, nilai disiplin, nilai percaya diri, nilai tolong menolong, kerjasama, dan gotong royong, nilai tanggung jawab, nilai kreatif, rasa hormat dan sopan santun, nilai cinta tanah bangsa dan tanah air. Dari 8 nilai tersebut terdapat 3 nilai karakter yang dominan muncul yaitu; nilai disiplin, nilai kerjasama, dan nilai tanggung jawab. 2) Faktor pendukung pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler angklung meliputi: sarana dan prasarana, papan slogan dan poster pembiasaan, dan faktor penghambat pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler angklung meliputi: perbedaan kondisi suasana hati peserta didik pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung dan waktu kegiatan ekstrakurikuler yang terbatas. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Angklung, Anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:12
Last Modified: 14 Aug 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65256

Actions (login required)

View Item View Item