IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN BERBAHASA INGGRIS DI ANANDA MENTARI PLAYGROUP AND KINDERGARTEN BUMIJO YOGYAKARTA

Fitriani, Kimalasari (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN BERBAHASA INGGRIS DI ANANDA MENTARI PLAYGROUP AND KINDERGARTEN BUMIJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris yang terdiri atas: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di kelas Kidergarten Ananda Mentari Playgroup and Kindergarten Bumijo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 1 guru kindergarten, 1 tenaga kependidikan, 1 trainer, dan 1 wali murid. Objek penelitian yaitu program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara terstruktur, observasi terus terang, dokumentasi tulisan dan gambar serta catatan lapangan. Instrument penelitian menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris menggunakan kurikulum adaptasi dari Negara Amerika, Inggris, Singapura dan Indonesia, (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, metode dan materi untuk anak didik menggunakan bahasa Inggris dengan jenis kegiatan eksploratif. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan checklist dan anekdot sesuai usia perkembangan anak. (4) Faktor pendukung program pembelajaran adalah kerjasama antar guru dan parents club. (5) Faktor penghambat program pembelajaran adalah persaingan dengan sekolah lain, lokasi tidak strategis, dan sulit mencari guru yang memenuhi kriteria. Kata kunci: program pembelajaran, lingkungan berbahasa Inggris, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:09
Last Modified: 14 Aug 2019 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65255

Actions (login required)

View Item View Item