HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK B SE-GUGUS VIII KECAMATAN KASIHAN, BANTUL

Mira, Lestari (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK B SE-GUGUS VIII KECAMATAN KASIHAN, BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Mira Lestari_15111241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dasar dilakukannya penelitian ini adalah adanya fenomena anak TK kelompok B yang menunjukkan perilaku belum mandiri ketika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kemandirian yang telah dicapai anak TK kelompok B se-Gugus VIII Kasihan, Bantul, (2) mengetahui tipe pola asuh yang dominan diterapkan orang tua anak TK kelompok B se-Gugus VIII Kasihan, Bantul, (3) mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak TK Kelompok B se-Gugus VIII Kasihan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B di Taman Kanak-kanak yang ada di gugus VIII Kasihan, Bantul. Sampel penelitian diambil berdasarkan taknik random sampling dengan sampel sebesar 106 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi. Pengujian validitas menggunakan expert jugdement. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus alpha, dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 34,9% anak memiliki tingkat kemandirian yang termasuk kategori randah dan sebanyak 65,1% anak memiliki tingkat kemandirian yang termasuk kategori tinggi, (2) sebanyak 15,1% orang tua menerapkan pola asuh authoritarian, sebanyak 84,9% orang tua menerapkan pola asuh authoritative, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan tingkat kemandirian anak dengan nilai X2 sebesar 11,335. Pola asuh authoritaive memiliki kontribusi lebih dalam menumbuhkan kamendirian anak daripada pola asuh authoritarian. Kata kunci: pola asuh orang tua, kemandirian, TK kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:03
Last Modified: 14 Aug 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65254

Actions (login required)

View Item View Item