HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN ORANG TUA DALAM MENDONGENG DENGAN BUKU DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAANPADA ANAK USIA KELOMPOK B DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Vera Nur, Choirina (2019) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN ORANG TUA DALAM MENDONGENG DENGAN BUKU DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAANPADA ANAK USIA KELOMPOK B DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
4. Skripsi_Vera Nur Choirina (15111241033).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebiasaan mendongeng dengan buku yang dilakukan oleh orang tua dengan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B (5-6 tahun) di Taman Kanak- Kanak yang berada di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Alasan mengambil penelitian ini karena ingin melihat cara orang tua untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui salah satu metode yaitu mendongeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 60 anak dan 60 orang tua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel tentang kebiasaan orang tua dalam mendongeng, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur kemampuan membaca permulaan. Instrumen yang diberikan berupa angket, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan realibilitasnya, untuk kebiasaan orang tua dalam mendongeng diperoleh 20 soal yang valid dan relibilitasnya sebesar 0,857 Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk menguji hipotesisnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif anatara kebiasaan orang tua dalam mendongeng dengan kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-Kanak yang berada di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Hasil anlisis data korelasi Product Moment, diperoleh nilai sebesar 0,663 dan rtabel 0,330. Dengan taraf signifikan 1%, dilihat dari arah hubungan dikatakan angka koefisien korelasinya bernilai r positif, maka korelasi antara kedua variabel bersifat searah. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwasannya terdapat hubangan yang positif anatara kedua variabel tersebut. Kata Kunci: kebiasaan mendogeng dengan buku , kemampuan membaca permulaan, kelompok B (5-6)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:53
Last Modified: 14 Aug 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65253

Actions (login required)

View Item View Item