PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI ORANG LAIN PADA ANAK TK

Rizki Nur, Fadilah (2019) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI ORANG LAIN PADA ANAK TK. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menghargai orang lain pada anak Taman Kanak-Kanak. Metode bercerita dipilih karena memiliki manfaat untuk menanakan nilai dan moral pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan terhadap perilaku anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa metode bercerita. Pengamatan terhadap perilaku anak berpedoman pada instrumen observasi. Subjek penelitian merupakan seluruh anak kelompok B TK Bhakti Siwi yang berjumlah 23 anak. Hasil penelitian ini yaitu: metode bercerita terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan menghargai orang lain pada anak kelas B TK Bhakti Siwi. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Wilcoxon yang menunjukan asymp. sig <0.005. Besarnya peningkatan sebesar 10% dilihat dari selisih skor hasil pengamatan sebelum perlakuan diberikan yaitu 58% dan skor hasil pengamatan setelah perlakuan diberikan sebesar 68%. Kata kunci: anak usia dini, metode bercerita, kemampuan menghargai orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:50
Last Modified: 14 Aug 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65252

Actions (login required)

View Item View Item