IDENTIFIKASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE PROYEK DI TK AL-I`DAD AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA

Anis, Nur Cahyani (2019) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE PROYEK DI TK AL-I`DAD AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
skripsi anis nur cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan metode proyek di TK Al-I`dad An-Nuur Sleman, Yogyakarta. Kemampuan guru yang dimaksud mengenai merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran metode proyek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman analisi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan metode proyek di TK Al-I`dad An-Nuur yaitu kemampuan guru dalam hal merencanakan Prosem, RPPM, RPPH, dan penilaian, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Faktor pendukung berupa fasilitas yang tersedia di TK, kerjasama orangtua wali, dan teman sejawat sedangkan faktor menghambat berupa sulitnya mendapatkan ide kegiatan metode proyek, untuk mengatasi masalah tersebut guru mencari referensi pada buku dan diskusi dengan teman. Kata kunci: guru anak usia dini, metode proyek, anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:48
Last Modified: 14 Aug 2019 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65251

Actions (login required)

View Item View Item