Mulyani, Isti (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PRACIMANTORO WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak_FIP_KTP_Isti Mulyani_07105244013.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi penelitiannya adalah semua siswa kelas VIII di SMP N 2 Pracimantoro dari kelas VIII A sampai VIII E. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu metode tes objektif pilihan ganda (Multiple Choice ) . Teknik analisis data yang digunakan adalah perbandingan ratarata gain dari nilai Pretest dan Posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Pracimantoro. Hal ini terbukti setelah dilakukan pembelajaran pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebanyak tiga materi, kemudian diambil nilai Pretest Posttest-nya dan dibandingkan rata-rata gain-nya. Untuk materi Gaya dan Berat, rata-rata gain kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu terpaut 0,21. Pada materi Energi, rata-rata gain kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu terpaut 0,19. Pada materi yang ketiga yaitu Tekanan Zat Cair, rata-rata gain kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,18. Dengan demikian, penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pracimantoro ini memperoleh kesimpulan yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis video berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 04 Oct 2012 07:48 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6524 |
Actions (login required)
View Item |