IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA & KESEHATAN (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2017/2018)

Nikmah, Nafisatun (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA & KESEHATAN (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2017/2018). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAFISATUN NIKMAH NIM. 13601241100 POR PJKR.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan Di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Penjas, Kepala sekolah dan Peserta didik. Objek penelitian ini adalah Dokumen perangkat Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran yang merupakan bentuk dari implementasi pendekatan saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) lembar review perangkat pembelajaran, (2) lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, (3) pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. uji keabsahan data menggunakan trangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan yang dilaksanakan guru ditemukan hal-hal sebagai berikut, (1) dari 33 indikator yang dianalisis 3 indikator belum dicantumkan maupun dirancangan seperti kegiatan pemanasan, kegiatan pendinginan dan media pembelajaran yang variatif, (2) RPP belum dilakukan penyesuaian dengan kondisi sekolah maupun peserta didik. Pada pelaksanaan pembelajaran Guru telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan memfasilitasi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Namun ditemukan hal-hal sebagai berikut, (1) perencanaan pembelajaran dalam RPP dengan pelaksanaan dilapangan sangat berbeda, (2) guru tidak menyampaikan tujuan dan manfaat kompetensi, (3) guru belum menggunakan media pembelajaran atau objek pengamatan yang beragam, (4) guru belum memberikan kesempatan peserta didik melakukan kegiatan mencoba tanpa campur tangan guru, (5) guru belum menggunakan sumber belajar yang beragam, dan (6) guru belum memberikan kegiatan pendinginan. Karena beberapa komponen pembelajaran dengan pendekatan saintifik tersebut belum dilaksanakan dapat mengahambat tercapainya tujuan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan maksimal. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pendekatan saintifik adalah sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendekatan saintifik, pelaksanaan pembelajaran
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:34
Last Modified: 13 Aug 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65237

Actions (login required)

View Item View Item