PENGARUH PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Prananda, Yudha (2019) PENGARUH PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. Cover dan Daftar Isi.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB IV.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Lampiran-Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan dunia kerja terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Salam. (2) Pengaruh pengalaman praktik industri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Salam. (3) Pengaruh pengetahuan dunia kerja dan pengalaman praktik industri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas XI Teknik Pemesisnan SMK Muhammadiyah 1 Salam dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket tertutup. Uji validitas instrumen menggunakan expert-judgement. Instrumen selanjutnya diujikan pada sampel dan kemudian membandingkan nilai r hitung produk momen tiap item terhadap tabel r. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cornbach. Data diolah dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan dunia kerja terhadap motivasi belajar dengan thitung = 0,081 < ttabel = 2,069 dan persamaan regresi Y = 45,926 - 0,010X1. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman praktik industri terhadap motivasi belajar dengan thitung = 1,056 < ttabel = 2,069 dan persamaan regresi Y = 37,464 + 0,151X2. (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan sifgnifikan antara pengetahuan dunia kerja dan praktik industri terhadap motivasi belajar dengan Fhitung = 0,618 < Ftabel = 3,39 dan persamaan garis regresi Y = 38,171 - 0,080X1 + 0,191X2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dunia kerja, pengalaman praktik industri, dan motivasi belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:50
Last Modified: 15 Aug 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65234

Actions (login required)

View Item View Item