Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Nonfiksi Berbasis Pendekatan Genre untuk Siswa Kelas VIII SMP

Sari, Wulan Arum (2019) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Nonfiksi Berbasis Pendekatan Genre untuk Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wulan arum sari-16715251015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini terdiri atas tiga tujuan. Pertama, menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis teks nonfiksi berbasis pendekatan genre. Kedua, mendeskripsikan hasil validasi produk pengembangan buku ajar menulis teks nonfiksi berbasis pendekatan genre untuk siswa kelas VIII SMP oleh ahli. Ketiga, mendeskripsikan kelayakan buku ajar menulis teks nonfiksi berbasis pendekatan genre untuk siswa kelas VIII SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall (1983) yang terdiri atas tujuh langkah, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) validasi, (5) uji coba lapangan, (8) revisi hasil uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir. Analisis kebutuhan dilakukan di dua sekolah, yaitu SMPN 2 Dlingo dan SMPN 4 Pandak. Uji coba produk dilakukan oleh 44 siswa di SMPN 2 Dlingo dan SMPN 4 Pandak. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli, lembar penilaian guru, dan lembar respon siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif menggunakan pengklasifikasian Skala Likert dengan skor 1-5. Hasil penelitian dan pengembangan berupa buku ajar menulis teks nonfiksi berbasis pendekatan genre untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan validasi ahli rata-rata persentase skor total yang diperoleh pada aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan 79,49% berkategori “baik”. Berdasarkan penilaian guru, rata-rata persentase skor total yang diperoleh 83,83%% berkategori “ sangat baik”. Berdasarkan respon siswa rata-rata persentase skor total yang diperoleh 83,76 berkategori “sangat baik”. Persentase keseluruhan skor 82,36% berkategori “sangat baik”. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks nonfiksi berbasis pendekatan genre untuk siswa kelas VIII SMP layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menulis, pendekatan genre, teks nonfiksi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:38
Last Modified: 13 Aug 2019 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65231

Actions (login required)

View Item View Item