UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN

Rizal, Muhammad Abu (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Muhammad Abu Rizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe NHT (Number Head Together) dan mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Dukuh 1 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 1 yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan sintaks : (1) Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya mendapatkan nomor urut. (2) Guru memberikan tugas, dan masing-masing kelompok mengerjakan permasalahan. (3) Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya. (4) Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang bernomor tersebut melaporkan hasil kerja kelompok. (5) Tanggapan dari siswa yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Dan terakhir (6) Membuat kesimpulan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil observasi siswa menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa dimana pada pra siklus, keaktifan belajar siswa sebesar 26.67% (kategori sangat kurang) lalu meningkat pada siklus I sebesar 79.23% (kategori baik). Setelah dilakukan perbaikan dari refleksi siklus I, keaktifan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 91.82% (kategori sangat baik). Kata kunci :keaktifan , pembelajaran Matematika, kooperatif tipe number head together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:03
Last Modified: 13 Aug 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65206

Actions (login required)

View Item View Item