Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Kreatifitas Siswa, dan Sarana Praktek Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK di Kabupaten Klaten.

Hartono, Abu Puji and Soenarto, Soenarto (2019) Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Kreatifitas Siswa, dan Sarana Praktek Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK di Kabupaten Klaten. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh: (1) minat belajar, (2) motivasi belajar, (3) kreativitas siswa, (4) sarana praktek, dan (5) minat belajar, motivasi belajar, kreatifitas siswa, dan sarana praktek secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa SMK paket keahlian teknik komputer dan jaringan pada mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, yaitu 141 siswa dari empat SMK di Kabupaten Klaten. Pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan ujicoba instrumen. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) minat belajar, (2) motivasi belajar, (3) kreativitas siswa, (4) sarana praktek, dan (5) minat belajar, motivasi belajar, kreatifitas siswa, dan sarana praktek secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat, motivasi , kreativitas, sarana praktek, simulasi digital
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:38
Last Modified: 31 May 2021 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65198

Actions (login required)

View Item View Item