MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA

Nuraini, Roisah (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Roisah Nuraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Negeri Tegalpanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya persentase ketuntasan belajar yaitu ≥ 70% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan pada indikator pemahaman literal yaitu siswa terampil dalam menentukan kalimat utama dan menemukan informasi tersurat dari empat bacaan. Pada indikator reorganisasi yaitu siswa dapat menganalisis tujuan bacaan pada tiga bacaan. Pada Indikator pengambilan keputusan, siswa dapat menarik kesimpulan pada tiga bacaan. Indikator evaluasi, siswa dapat mengungkapkan pendapat pada satu bacaan. Pada indikator apresiasi, siswa tidak mengalami peningkatan yaitu siswa dapat mengidentifikasi kejadian pada dua bacaan. Peningkatan hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dapat dilihat dari siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 48%. Siklus II sebesar 72%. Peningkatan juga terjadi pada rata-rata kelas, yaitu pada siklus I yaitu 60,40. Siklus II meningkat menjadi 70,00. Kata kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:51
Last Modified: 12 Aug 2019 04:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65196

Actions (login required)

View Item View Item