PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MUATAN IPA KELAS IV SD N 03 KALIBOTO KARANGANYAR

Abdullah, Rizky (2019) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MUATAN IPA KELAS IV SD N 03 KALIBOTO KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rizky Abdullah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan minat belajar dan (2) meningkatkan hasil belajar kognitif IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas IV SD N 03 Kaliboto. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N 03 Kaliboto yang berjumlah 14 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian terlaksana dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan skala, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah rerata persentase minat belajar siswa mencapai >76% (kategori baik) dan rerata nilai tes hasil belajar kognitif siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) > 76. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa setelah guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Tahapan model pembelajaran TGT yaitu (1) presentasi kelas, (2) belajar tim, (3) permainan, (4) turnamen, (5) rekognisi tim. Persentase minat belajar IPA siswa meningkat yaitu dari 62,5% (cukup) pada pra siklus menjadi 84,82% (baik) pada siklus I dan 87,05% (sangat baik) pada siklus II. Rerata nilai tes hasil belajar kognitif IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 67,14 pada pra siklus menjadi 74,29 pada siklus I dan 79,05 pada siklus II. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan dari kekurangan di siklus I. Perbaikan tersebut diantaranya penegasan guru pada konsep utama materi, cara pengondisian siswa, dan pemberian poin untuk merangsang aktifitas siswa. Kata kunci: minat belajar, hasil belajar kognitif IPA, model pembelajaran kooperatif, teams games tournament

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:15
Last Modified: 12 Aug 2019 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65193

Actions (login required)

View Item View Item