Aningrum, Erisa (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
ERISA ANINGRUM.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter toleransi di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya secara keseluruhan implementasi pendidikan karakter toleransi di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD N Percobaan 2 Sleman, objek penelitian yaitu karakter toleransi, dan narasumber penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter toleransi yaitu melalui: 1) kebijakan sekolah yang meliputi visi, misi, tujuan, dan peraturan sekolah; 2) integrasi dalam pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi; 3) pembiasaan yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengondisian, dan keteladanan; dan 4) kegiatan ekstrakurikuler. Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter toleransi di SD N Percobaan 2 Sleman yaitu dari siswa dan kerjasama orang tua. Kata kunci: pendidikan karakter, karakter toleransi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 03:59 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 03:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65189 |
Actions (login required)
View Item |