PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA KOMIK EDUKASI PADA SISWA KELAS VA SD N NOGOTIRTO SLEMAN YOGYAKARTA

Barokah, Nikmatul (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA KOMIK EDUKASI PADA SISWA KELAS VA SD N NOGOTIRTO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nikmatul Barokah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui media komik edukasi pada siswa kelas VA SD N Nogotirto Sleman Yogyakarta. Jika keterampilan membaca pemahaman meningkat, maka hasil keterampilan membaca pemahaman meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD N Nogotirto, Sleman Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% dari jumlah seluruh siswa kelas VA SD N Nogotirto. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, proses pembelajaran melalui media komi edukasi mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan yang pertama siswa bisa memahamai isi cerita, lebih antusias dan tidak jenuh dalam pembelajaran karena menggunakan media yang menyenangkan, mudah dibaca dan membantu merangsang imajinasi siswa. Kedua menangkap makna tersurat dan tersirat, siswa sudah bisa menangkap pesan dan maksud penulis karena menggunakan media komik yang mudah dimengerti oleh siswa. Ketiga yaitu menyampaikan simpulan, siswa sudah dapat membuat kesimpulan isi cerita karena didalam komik terdapat gambar yang mengilustrasikan isi cerita, sehingga membantu siswa untuk memahami isi cerita dan membuat kesimpulan sendiri. Peningkatan hasil pembelajaran melalui media komik dapat dilihat dari hasil ketuntasan siswa pada siklus I memiliki skor 63,21 dan siswa yang sudah mencapai ketuntasan sebanyak 11 siswa atau 47,82. Terjadi peningkatan pada siklus II rata-rata skor perolehan menjadi 70,04 dan siswa yang sudah mencapai ketuntasan sebanyak 18 siswa atau 78,27%. Kata kunci: komik edukasi, keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:26
Last Modified: 12 Aug 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65178

Actions (login required)

View Item View Item