PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK TAHUN 2019

Hasanah, Binar Riyan (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Binar Riyan Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara melalui model pembelajaran time token arends. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD N Kepek, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD N Kepek, Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, tes unjuk kerja berbicara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan rating scale dan soal tes keterampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anaslisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah skor rerata kelas proses pembelajaran mencapai minimum 75 dan skor rerata kelas hasil tes keterampilan berbicara minimal 75% siswa mencapai skor 70. Penggunaan model time token arends dalam proses pembelajaran berbicara dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD N Kepek. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan lafal yang jelas, diksi yang bervariasi, struktur kalimat yang padu, utuh dan baku, intonasi yang sesuai, sikap wajar, tenang dan tidak kaku, kelancaran, penguasaan topik, kesesuaian volume, dan ketepatan gerak-gerik mimik dengan contoh konkrit, latihan bicara, banyak membaca, dan motivasi dari guru. Hasil peningkatan menunjukkan skor rerata peningkatan proses siklus I 65,9, pada siklus II meningkat menjadi 81,25, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 89,2. Dampak dari proses tersebut adalah meningkatnya keterampilan berbicara siswa kelas V SD N Kepek. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rerata siklus I 54,8, pada siklus II meningkat menjadi 66,38, kemudian pada siklus III meningkat menajdi 75,64. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model time token arends dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD N Kepek. Kata kunci: keterampilan berbicara, time token arends.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:20
Last Modified: 12 Aug 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65174

Actions (login required)

View Item View Item