PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK)

Kusumastuti, Anjar (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anjar Kusumastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan membaca permulaan merupakan titik awal seorang siswa belajar membaca. Keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Kaligintung masih termasuk rendah sehingga perlu diingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS pada siswa kelas I SD Negeri Kaligintung Temon Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah skor rata-rata kelas dalam keterampilan membaca permulaan mencapai 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS dengan bimbingan individual, gambar, dan potongan kata meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Keterampilan membaca permulaan pada pratindakan sebesar 63,59, pada siklus I meningkat menjadi 68,24, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,48. Pada penelitian ini keterampilan membaca permulaan meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu rata-rata kelas 75. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, metode SAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2019 01:53
Last Modified: 12 Aug 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65168

Actions (login required)

View Item View Item