PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 JAGOI KINDAU KABUPATEN BENGKAYANG

Prihantini, Tatag (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 JAGOI KINDAU KABUPATEN BENGKAYANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tatag Prihantini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas VI di SD Negeri 03 Jagoi Kindau. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Jagoi Kindau, Bengkayang dengan jumlah 7 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan peningkatan hasil belajar minimal 75% dari jumlah siswa mencapai KKM (70). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA dibuktikan dengan perbandingan persentase ketuntasan siswa dan capaian hasil belajar siswa pada Prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Pada pra siklus, rata-rata nilai hasil belajar siswa 58,57 dengan kategori kurang pembelajaran masih dilaksanakan secara klasikal. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar meningkat, ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar meningkat menjadi 63,57 (kategori kurang) dikarenakan pada saat kegiatan pembelajaran siswa sangat antusias dan termotivasi ketika berinteraksi langsung terhadap apa yang dipelajari, sehingga gairah belajar menjadi tinggi dengan adanya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, pengetahuan siswa pun lebih mudah diserap. Pada sisklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dengan rata-rata nilai hasil belajar 75 (kategori baik). Pembelajaran dengan menggunakan pemanfaatan alam sekitar meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah pembelajaran mengamati lingkungan sekitar, mengumpulkan data pengamatan, diskusi hasil pengamatan, melakukan presentasi, refleksi hasil. Kata kunci: Sumber belajar, Hasil belajar IPA, Lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Aug 2019 05:01
Last Modified: 08 Aug 2019 05:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65148

Actions (login required)

View Item View Item