PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Esmansyah, Esmansyah (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. bab IV.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul Konstruksi Jalan dan Jembatan siswa Kelas XI Semester Gasal SMK Negeri 2 Yogyakarta, dan mengetahui tingkat kelayakan aspek materi dan media modul pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan. Produk ini disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Kurikulum 2013. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4D dari Thiagarajan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket tertutup dengan 5 pilihan jawaban. Angket ini terdiri dari penilaian kelayakan media dan materi. Kedua angket tersebut diisi oleh dosen ahli dan guru pengampu mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan. Data penilaian kelayakan tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang dikonversikan menjadi data kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan yang diperoleh dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penyusunan modul menggunakan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) sesuai dengan Kurikulum 2013 dan (2) Hasil validasi ahli materi I dikategorikan “layak” dengan perolehan skor 70,83%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi II dikategorikan “layak” dengan perolehan skor 81,66 untuk hasil validasi ahli media yang dilakukan oleh ahli media I dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan skor 95,55%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media II dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan skor 87,40%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, 4D, Konstruksi Jalan Jembatan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:51
Last Modified: 08 Aug 2019 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65146

Actions (login required)

View Item View Item