PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI PANGGANG SEDAYU

Hidayati, Kun Marti (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI PANGGANG SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kun Marti Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV A SD Negeri Panggang Sedayu tahun ajaran 2018/2019 dengan model pembelajaran quantum teaching. Jenis penelitan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdapat tiga tahapan, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan (3) refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Panggang Sedayu yang berjumlah 27 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas IV A SD N Panggang Sedayu. Ketercapaian indikator keaktifan belajar IPA mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil penelitian, pencapaian keaktifan belajar IPA pada siklus I yaitu 73,04%dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 81,63%. Peningkatan pada siklus II tersebut karenaadanya perbaikan dari kekurangan di siklus I. Perbaikan tersebut berupa perbaikan pada lembar kerja, pemberian lembar “aku tahu bahwa aku tahu”, pengelompokan alat dan bahan percobaan, dan penggunaan kancing tanya. Tahapan dalam pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching yang dilaksanakan yaitu,(1) menumbuhkan minat dan antusiasme belajar, (2) membimbing siswa melakukan percobaan, (3) menemukan konsep dan kesimpulan kegiatan percobaan, (4) medemonstrasikan dan mempresentasikan hasil percobaan, (5) mengulangi materi dengan menulis daftar “aku tahu bahwa aku tahu” dan mengerjakan evaluasi, dan (6) merayakan prestasi siswa menggunakan daun prestasi, pujian, dan tepuk semangat. Kata kunci: keaktifan belajar, IPA, model pembelajaran quantum teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:17
Last Modified: 08 Aug 2019 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65143

Actions (login required)

View Item View Item