UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GADINGAN, WATES, KULON PROGO

Syahfitri, Dian (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GADINGAN, WATES, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DIAN SYAHFITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Gadingan yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, kamera dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu nilai 70, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 85% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 72,5% menjadi 87,5%. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 79,7% menjadi 93%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 36% yakni sebanyak 14 siswa (56%) menjadi 23 siswa (92%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 26. Nilai rata-rata prestasi belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 13,4 yaitu dari 72,1 menjadi 85,5. Kata kunci: teams games tournament, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:06
Last Modified: 08 Aug 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65140

Actions (login required)

View Item View Item