PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MULO II WONOSARI GUNUNGKIDUL

Lestari, Rizky (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MULO II WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rizky Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Mulo II, Wonosari, Gunungkidul dengan menggunakan metode SQ3R. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Mulo II yang berjumlah 35 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan membaca pemahaman, lembar observasi siswa, lembar catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar siswa, peningkatan skor rata-rata membaca pemahaman siswa dan 75% nilai siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Mulo II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan melalui catatan lapangan yang dilakukan selama tindakan, yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata pada siklus I meningkat sebesar 8,66 yakni dari 66,10 pada pratindakan menjadi 74,76 pada pasca siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 57%. Sementara itu, pada tes pasca tindakan siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,48 dari 74,76 menjadi 79,24 dengan persentase ketuntasan sebesar 91%. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, SQ3R

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:50
Last Modified: 08 Aug 2019 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65139

Actions (login required)

View Item View Item