PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DITINJAU DARI MOTIVASI

Malida, Aster Malida and Jumadi, Jumadi (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DITINJAU DARI MOTIVASI. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis Inquiry Pictorial Riddle yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif ditinjau dari motivasi (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Inquiry Pictorial Riddle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester Genap SMA Negeri 2 Sleman tahun pelajaran 2018/2019 yang dipilih secara random. Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan dan kebutuhan penelitian yang dilakukan dengan cara observasi. Tahap design merupakan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi belajar fisika, soal pretest dan posttest,. Tahap develop, pada tahap ini produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk mengetahui kelayakan produk berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian dilakukan revisi dan uji coba produk secara terbatas dan uji coba luas pada peserta didik. Tahap disseminate dilakukan penyebaran perangkat pembelajaran dengan memberikan perangkat pembelajaran berbasis Inquiry Pictorial Riddle kepada guru fisika SMA Negeri 2 Sleman. Setelah dilakukan penelitian disimpulkan bahwa (1) telah diperoleh perangkat pembelajaran fisika berupa RPP dan LKPD berbasis Inquiry Pictorial Riddle yang layak untuk meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif ditinjau dari motivasi (2) perangkat pembelajaran fisika berbasis Metode Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif dengan nilai standard gain pada kelas eksperimen yaitu 0,51 dalam kategori sedang dan diperoleh nilai standard gain pada kelas kontrol yaitu 0,29 dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, Inquiry Pictorial Riddle, Hasil belajar fisika aspek kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:27
Last Modified: 12 Aug 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65129

Actions (login required)

View Item View Item