PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA EXPLOTION BOX UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA

Sari, Eva Kurnia and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA EXPLOTION BOX UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran explotion box yang layak digunakan untuk pembelajaran gerak harmonik sederhana, 2) mengetahui besar peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran explotion box pada materi gerak harmonik sederhana, dan 3) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi gerak harmonik sederhana peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran explotion box. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define untuk mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrumen penelitian. Tahap develop untuk memperoleh kelayakan produk dan instrumen. Tahap disseminate untuk penyebaran media pembelajaran explotion box materi gerak harmonik sederhana. Instrumen penelitian meliputi: RPP, lembar validasi, angket respon, angket minat belajar, dan instrumen tes, yang terdiri dari soal pretes dan soal postes. Teknik analisis data menggunakan SBI untuk mengetahui validitas kelayakan instrumen penelitian, Content Validity Ration (CVR) dan Content Validity Index (CVI) untuk mengetahui validitas instrumen pembelajaran, Percentage of Agreement (PA) untuk mengetahui tingkat persetujuan validator, standard gain untuk mengetahui nilai peningkatan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik, Interjudge Agreement (IJA) untuk mengetahui kelayakan pembelajaran menggunakan RPP yang telah disusun serta analisis daya beda dan tingkat kesukaran butir soal untuk instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran fisika explotion box layak digunakan untuk pembelajaran gerak harmonik sederhana, 2) peningkatan minat belajar peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran fisika explotion box pada kelas uji coba lapangan berdasarkan skor gain sebesar 0,25 dengan kategori rendah, dan 3) peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran fisika explotion box pada kelas uji coba lapangan berdasarkan skor gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, gerak harmonik sederhana, explotion box, minat belajar, dan penguasaan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:15
Last Modified: 09 Aug 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65126

Actions (login required)

View Item View Item