MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS XI DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MELALUI METODE POSITIVE SELF TALK DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Agung Edi Rustanto, Agung Edi Rustanto (2012) MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS XI DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MELALUI METODE POSITIVE SELF TALK DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK Agung Edi R (Maret 2012 dah).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS XI DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MELALUI METODE POSITIVE SELF TALK DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: Agung Edi Rustanto NIM.08104244036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa kelas XI menghadapi Ujian Akhir Semester SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta melalui metode positive self talk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK N 1 Depok Sleman yang berjumlah 15 siswa yang memilki kecemasan tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan dan konseling yang dimulai pada tanggal 12 Oktober 2011 sampai dengan tanggal 30 November 2011. Tindakan pelatihan positive self talk dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I meliputi 3 tindakan dalam 3 pertemuan dan siklus II meliputi 2 tindakan dalam 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecemasan, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu : (1) kecemasan siswa dapat diturunkan melalui pelatihan positive self talk. Penurunan kecemasan siswa dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre-test sebesar 24,94 menjadi 13,12 setelah post-test. Skor rata-rata dikategorikan kecemasan rendah karena rata-rata hasil post-test 13,12 < 17. (2) proses mengurangi kecemasan melalui metode positive self talk yaitu dengan mengidentifikasi negative self talk kemudian menggantinya dengan positive self talk dan mempraktikan positive self talk tersebut melalui teknik imagery (membayangkan) dan speak out loud (mengucapkan dengan suara yang keras) serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Kecemasan, positive self talk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 03:29
Last Modified: 11 May 2015 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6511

Actions (login required)

View Item View Item