ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Rusdaniah, Desi Ratu (2019) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DesiRatuRusdaniah_15808141026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel mediasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2015-2017. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal. Populasi ini meliputi semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejumlah 144 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dan diperoleh sebanyak 40 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa struktur modal yang diproksikan dengan DER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan PBV, likuiditas yang diproksikan dengan CR tidak berpengaruh terhadap PBV, SIZE yang diproksikan dengan Ln Aset berpengaruh positif signifikan terhadap PBV, DER tidak berpengaruh terhadap profitabilitas yang di proksikan dengan ROE, CR berpengaruh positif signifikan terhadap ROE, SIZE berpengaruh positif signifikan terhadap ROE. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa ROE dapat memediasi ketiga variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan DER, CR, SIZE, dan ROE berpengaruh terhadap PBV dan secara simultan DER, CR, dan SIZE berpengaruh terhadap ROE. Nilai Adjusted R Square model 1 sebesar 0,518 atau 51,8% sisanya sebesar 48,2 dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan Nilai Adjusted R Square sebesar 0,359 atau 35,9% sisanya sebesar 64,2 dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:22
Last Modified: 06 Aug 2019 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65100

Actions (login required)

View Item View Item