PENGARUH RISIKO BISNIS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Vani, Oktiana Vicki (2019) PENGARUH RISIKO BISNIS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
OktianaVickiVani_15808141040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Risiko Bisnis (OL) dan Ukuran Perusahaan (Size) terhadap Struktur Modal (DER) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan Profitabilitas (ROA) sebagai variabel intervening. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausalitas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan sampel yaitu metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel yang telah ditetapkan, diperoleh 44 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Risiko Bisnis (OL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal (DER). Ukuran Perusahaan (Size) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal (DER). Hasil Uji F menunjukkan bahwa Risiko Bisnis (OL), Ukuran Perusahaan (Size) dan Profitabilitas (ROA) berpengaruh terhadap Struktur Modal (DER). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Profitabilitas (ROA) tidak memediasi pengaruh Risiko Bisnis (OL) terhadap Struktur Modal (DER), akan tetapi Profitabilitas (ROA) memediasi pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) terhadap Struktur Modal (DER).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Struktur Modal, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:20
Last Modified: 06 Aug 2019 06:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65095

Actions (login required)

View Item View Item