Fatimah, Nurul (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana Di Smk N 3 Klaten. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana sebelum diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya di SMK Negeri 3 Klaten, (2) Mengetahui hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya di SMK Negeri 3 Klaten, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana Di SMK N 3 Klaten Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa, kelas X Tata Busana 3 berjumlah 32 siswa di jadikan sebagai kelas kontrol dan kelas X Tata Busana 4 berjumlah 32 di jadikan sebagai kelas eksperimen. Instrument dalam penelitian ini menggunakan instrument tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit sebelum diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya diperoleh hasil nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 74,47. Sedangkan, kelas eksperimen sebesar 74,74, (2) Hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit setelah diterapkan metode pemeblajaran Tutor Sebaya diperoleh hasil nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 74,78. Sedangkan kelas eksperimen sebesar 81,41. (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana di SMK N 3 Klaten. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test, pada kelas eksperimen didapatkan hasil signifikan sebesar 0,002 < 0,005 dengan kesimpulan adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh tersebut adalah pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit siswa kelas X Tata Busana di SMK N 3 Klaten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Dasar Teknologi Menjahit, SMK, Tata Busana |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 02:56 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 02:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65087 |
Actions (login required)
View Item |