Pengaruh Penerapan Work Preparation Sheet Terhadap Hasil Praktik Proses Pemesinan Bubut Kelas Xl Di Smk Negeri 2 Yogyakarta

uddin, Muhmmad Afif Rais (2019) Pengaruh Penerapan Work Preparation Sheet Terhadap Hasil Praktik Proses Pemesinan Bubut Kelas Xl Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover .pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan work preparation sheet (WPS) dalam praktik permesinan bubut pada hasil praktik proses pemesinan bubut; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar praktik membubut kelas yang diterapkan work preparation sheet dengan kelas yang tidak menggunakan work preparation sheet saat praktik membubut kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimemntal Design yang pelaksanaannya menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design yang membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan teknik pemesinan di SMK N 2 Yogyakarta, tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas XI TP 3 sebagai kelas eksperimen dan XI TP 2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan menggunakan tes objektif. Uji persyaratan analisisdata menggunakan uji normalitas. Pengujian hipotesisnya menggunakan T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pengaruh penggunaan WPS pada praktik membubut antara kelas yang terapkan dengan pembelajaran menggunakan WPS (kelas eksperimen) dan tidak menggunakan WPS (kelas kontrol) saat praktik membubut, berpengaruh tetapi tidak signifikan, rerata nilai kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih tinggi yaitu eksperimen 88,18> kontrol 85.31, hasil belajar praktik membubut kelas yang menggunakan WPS lebih tinggi dibanding dengan kelas yang tidak menggunakan WPS saat praktik membubut; (2) rerata kelas eksperimen mendapat peningkatan rerata nilai sebesar 3.875 lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan peningkatan 2.25, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas yang diberi perlakuan penggunaan WPS saat praktik lebih meningkat dibanding kelas yang tidak menggunakan WPS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penggunaan Work Preparation Sheet, Hasil Praktik Membubut
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:47
Last Modified: 06 Aug 2019 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65084

Actions (login required)

View Item View Item