UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA ANAK PANTI ASUHAN DAN PESANTREN PUTRI AR-RAHMAH

Agnestika Praritasari, Agnestika Praritasari (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA ANAK PANTI ASUHAN DAN PESANTREN PUTRI AR-RAHMAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA ANAK PANTI ASUHAN DAN PESANTREN PUTRI AR-RAHMAH Oleh Agnestika Praritasari 05104244078 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman keterampilan sosial melalui diskusi kelompok pada anak Panti Asuhan dan pesantren Putri Ar-Rahmah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action research) dengan subjek penelitian santri SMP dan SMA Panti Asuhan dan Pesantren Putri ArRahmah yang berjumlah 11 anak. Pemilihan subyek penelitian berdasarkan pada observasi dan wawancara dengan pengasuh. Taknik penentuan subyek bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas tujuan tertentu (purposive sampling) dengan populasi penghuni panti dengan ciri-ciri antara lain sulit berinteraksi dengan orang lain, tidak mampu berempati, kesulitan memecahkan masalah atau konflik, dan belum mempunyai kesadaran diri yang baik. Alat ukur pengumpulan data yang digunakan adalah skala keterampilan sosial, observasi, dan wawancara. Adapun analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik presentase. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 1 februari dan berakhir pada tanggal 23 April 2011 menunjukkan bahwa melalui proses diskusi kelompok dan latihan keterampilan sosial yang diberikan peneliti dan pengasuh, pemahaman keterampilan sosial santri meningkat. Proses diskusi kelompok dilakukan dengan memberikan materi dan contoh masalah sesuai dengan pemahaman dimensi keterampilan sosial yang akan ditingkatkan. Setelah itu tiap kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan masalah tersebut dan mempresentasikannya kemudian ditanggapi oleh anggota lain. Tiap peserta juga dipersilahkan untuk menyumbangkan ide, gagasan, kritik, saran, dan pengalamannya. Setelah masalah dapat terpecahkan maka peneliti dan pengasuh menambahkan dan memberi tanggapan serta membagikan foto kopyan materi. Setelah materi dapat dipahami maka peneliti dan pengasuh memberikan latihan keterampilan sosial sesuai dengan materi pada tiap pertemuan agar tiap peserta dapat lebih memahami keterampilan sosial yang telah dibahas dan dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui proses diskusi kelompok dan latihan keterampilan sosial tersebut, hasil perolehan skor pre-test, post test 1, dan post test 2 dapat meningkat dengan baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa diskusi kelompok dan latihan keterampilan sosial dapat meningkatkan pemahaman keterampilan sosial pada anak PA&PP AR-Rahmah. Kata Kunci : Pemahaman Keterampilan sosial, diskusi kelompok, Panti Asuhan dan Pesantren Putri AR-Rahmah vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:12
Last Modified: 11 May 2015 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item