PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI MAN PAKEM

Agis Setiyaningsih, Agis Setiyaningsih (2012) PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI MAN PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK AGIS SETIYANINGSIH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI MAN PAKEM Oleh Agis Setiyaningsih 06104244060 ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk meningkatkan penerimaan diri siswa MAN Pakem kelas XI melalui konseling kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek 10 siswa yang duduk di kelas XI MAN Pakem. Teknik pengambilan subyek yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala penerimaan diri, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Skala penerimaan diri terdiri dari 32 item dan diuji coba pada 29 siswa menghasilkan data seluruh item valid. Hasil uji validitas skala penerimaan diri pada taraf 5% menunjukkan angka = 0,367. Reliabilitas instrumen sebesar 0,903 memiliki reliabilitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Kegiatan konseling kelompok dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I terdapat 1 kali tindakan dengan 4 kali pertemuan dan di setiap tindakan masingmasing siswa diminta untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapi dan teman yang lain diminta untuk memberikan solusi. Kemudian pada siklus II terdapat 1 kali tindakan dengan 2 kali pertemuan dan disetiap tindakan masingmasing siswa diminta untuk merefleksikan setiap permainan yang telah dilaksanakan. Dari hasil pre-test dengan hasil post-test II subyek mengalami peningkatan penerimaan diri yaitu dengan hasil pre-test 71, setelah dilakukan tindakan dan post-test II meningkat menjadi 100,9. Skor 100,9 telah mencapai batas patokan minimal yang ditetapkan yaitu 89,6 sebagai skor minimal penerimaan diri kategori tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan penerimaan diri dengan metode diskusi, brainstorming dan permainan, sehingga siswa dapat menerima diri sepenuhnya. Siswa mampu berpikir positif terhadap diri, menerima keadaan fisik dan menjadi diri sendiri, mengakui dan menghargai bakat diri, menerima keadaan ekonomi keluarga, merasa nyaman dan puas dengan diri. Kata kunci: penerimaan diri, konseling kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 11 May 2015 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item