EFEKTIFITAS MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA KOMPETENSI KOMPONEN DAN RANGKAIAN PENGENDALI MOTOR LISTRIK DENGAN ELEKTROMAGNETIK KELAS XI TITL SMK N 2 YOGYAKARTA

Ahyari, Nurul (2019) EFEKTIFITAS MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA KOMPETENSI KOMPONEN DAN RANGKAIAN PENGENDALI MOTOR LISTRIK DENGAN ELEKTROMAGNETIK KELAS XI TITL SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas Penerapan model Number Head Together pada ranah kognitif (2) efektivitas Penerapan model Number Head Together pada ranah afektif (3) perbedaan Penerapan model Number Head Together model ceramah pada ranah psikomotorik Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas SMK N 2 Yogyakarta sejumlah 62 orang dari kelas XI TITL 1 dan kelas XI TITL 3. Kelas XI TITL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TITL 3 sebagai kelas eksperimen. Efektivitas kompetensi ranah kognitif diketahui dapat diketahui melalui instrumen pretest dan posttest, instrumen angket untuk menilai kompetensi afektif dan rubrik pengamatan untuk menilai psikomotrik. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment, uji validitas dan uji reliabilitas. Validitas penelitian dilakukan dengan menggunakan validitas internal dan eksternal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, Independent Sample T Test, dan Uji N-Gain. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) pada ranah kognitif menggunakan model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan model ceramah dengan nilai rerata Gain kelas Eksperimen 49,17 dan rerata Gain kelas kontrol 36,19 (2) pada ranah afektif menggunakan model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan model ceramah dengan nilai rerata Gain kelas Eksperimen 45,36 dan rerata Gain kelas kontrol 3,03 (3) pada ranah psikomotorik terdapat perbedaan antara model ceramah dengan model pembelajaran NHT dibuktikan hasil thitung lebih besar daripada ttabel (2,088>2,003)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Number Head Together (NHT)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:34
Last Modified: 02 Aug 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65044

Actions (login required)

View Item View Item