PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN BUBUT KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG

Hidayat, Firman (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN BUBUT KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III OK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI A jurusan Teknik Pemesinan SMK Ma’arif Salam, dan (2) mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI A jurusan Teknik Pemesinan di SMK Ma’arif Salam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research model Carr dan Kemmis. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan di SMK Ma’arif Salam Magelang sebanyak 146 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TP A sebanyak 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar penilaian job membubut siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa tersebut tergambarkan dari Pra Siklus jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 61% meningkat menjadi 75% pada siklus 1 dan kembali mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 93,8%. Peningkatan prestasi belajar siswa juga tergambarkan pada peningkatan persentase dan kategori keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan tergambarkan dengan rata-rata keaktifan belajar siswa pada pra siklus berada pada angka 46% (kategori sedang) meningkat menjadi 60,5% (kategori baik) pada siklus 1 dan kembali meningkat menjadi 79,7% (kategori sangat baik) pada siklus 2

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, problem based learning (PBL), prestasi belajar, pemesinan bubut, teknik pemesinan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:28
Last Modified: 02 Aug 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65043

Actions (login required)

View Item View Item