PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPS KELAS IV SD NEGERI KARANGWUNI

Wulandari, Neny Triana (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPS KELAS IV SD NEGERI KARANGWUNI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Neny Triana Wulandari_08105241034.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk software multimedia yang layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karangwuni. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk software multimedia Pembelajaran interaktif IPS dalam bentuk compact disk (CD ) yang: (1 ) layak dan, (2 ) dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development ). Responden atau subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV SD, yang terdiri dari 3 siswa pada uji coba satu-satu, 7 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 20 siswa pada uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data validasi ahli media dan ahli materi dan data hasil uji coba produk, serta data perbandingan nilai pre-test dan post-test. Instrument pengumpulan data berupa angket dan test. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas hasil penilaian multimedia pembelajaran termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi media dari ahli materi menunjukan skor rata-rata 4,52 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, hasil validasi media dari ahli media mendapat skor ratarata 4,31 yang termasuk dalam kategori ‘Sangat Baik”, dan untuk data hasil uji coba produk pada siswa kelas IV mendapat perolehan skor untuk uji coba satusatu memperoleh skor 4,41, kemudian pada tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor penilaian sebesar 4,54 dan pada tahap akhir uji coba lapangan mendapat skor penilaian sebesar 4,57 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dari hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS ini menunjukan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar IPS siswa berdasarkan acuan standar KKM yang ditentukan, dimana hasil dari pre-test sebesar 83,4% meningkat menjadi 96% pada hasil post-test-nya setelah menggunakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Hasil tersebut menunjukan bahwa produk hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 04 Oct 2012 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6504

Actions (login required)

View Item View Item