PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MAKANAN DAN KEBIASAAN BERPERILAKU SEHAT UNTUK SISWA SD

Noorkhasanah, Istikhomah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MAKANAN DAN KEBIASAAN BERPERILAKU SEHAT UNTUK SISWA SD. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan komik makanan dan kebiasaan berperilaku sehat yang dapat digunakan sebagai media belajar siswa sekolah dasar; (2) mengetahui tingkat kelayakan komik tentang makanan dan kebiasaan berperilaku sehat sebagai media belajar ditinjau dari aspek materi dan aspek media pembelajaran; (3) mengetahui tanggapan pengguna terhadap komik yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Rohani. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research & development). Model pengembangan penelitian menggunakan define, design, dan develop. Pengujian kelayakan komik di lakukan pada kelas III SD N Tamanan III Kalasan sejumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket skala likert dengan empat pilihan. Data penelitian diperoleh melalui observasi kelas, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembuatan media komik untuk mata pelajaran Penjaskes dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu a) define dilakukan dengan tahap berupa observasi kelas, wawancara dan angket yang diklasifikasikan ke dalam beberapa cara yaitu analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, merumuskan tujuan b) design dilakukan pembuatan rancangan produk. c) develop yaitu validasi oleh ahli materi dan media komik. (2) kelayakan media komik yang dikembangkan sebagai media belajar dari aspek media mendapat skor total 98,3%, dikategorikan “Sangat Layak”. Kelayakan ditinjau dari aspek media mendapat skor total 82,4%, dikategorikan “Sangat Layak”. (3) tanggapan pengguna terhadap media komik yang dikembangkan sebagai media belajar untuk mata pelajaran Penjaskes diperoleh skor total 93%, dikategorikan “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komik makanan sehat dan kebiasaan berperilaku sehat
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2019 00:41
Last Modified: 02 Aug 2019 00:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65034

Actions (login required)

View Item View Item